BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat dan
membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak
dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut mencakup banyak hal
serta merambah berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan.
Pada prinsipnya semua teknologi komunikasi ini berkembang untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat lebih mudah
berkomunikasi ataupun melakukan sesuatu.
Handphone merupakan salah satu dari
perkembangan tekonogi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone
tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi manusia juga dapat mengakses
internet, SMS, berfoto dan juga saling mengirim data. Bahkan sekarang yang
sedang marak adalah Blackberry yang sedang ramai-ramai digunakan dan
memenuhi pasaran.
2.
Rumusan Malah
a) Apa pengaruh Handphone bagi kalangan
Pelajar ?
b) Apa dampak Positif & Negatif
Penggunaan Handphone bagi pelajar?
BABI II
PEMBAHASAN
a)
1 G
Teknologi ini
mulai digunakan tahun 1970 yang diawali dengan penggunaan mikroprosesor untuk
teknologi komunikasi. Dan pada tahun
1971, jaringan handphone pertama dibuka di Finlandia bernama ARP. Menyusul
kemudian NMT di Skandinavia pada tahun 1981 dan AMPS pada tahun 1983.
Penggunaan teknologi analog pada generasi pertama menyebabkan banyak
keterbatasan yang dimiliki seperti kapasitas trafik yang kecil, jumlah
pelanggan yang dapat ditampung dalam satu sel sedikit, dan penggunaan spektrum
frekuensi yang boros.
b) 2 G
Di sisi lain, meningkatnya jumlah
pelanggan tidak bisa ditampung generasi pertama. Selain itu, teknologi 1G hanya
bisa melayani komunikasi suara, tidak seperti 2G yang bisa digunakan untuk SMS.
NMT atau Nordic Mobile Telephone adalah jaringan handphone analog yang pertama
kali digunakan secara internasional di Eropa Utara. Jaringan ini beroperasi
pada frekuensi 450 MHz sehingga sering disebut NMT-450, ada juga NMT-900 yang
beroperasi pada frekuensi 900 MHz.
Standar teknologi 2G yang paling banyak
digunakan saat ini adalah GSM (Global System for Mobile Communication), seperti
yang dipakai sebagian besar handphone saat ini. GSM beroperasi pada frekuensi
900, 1800 dan 1900 MHz. GSM juga mendukung komunikasi data berkecepatan 14,4
kbps.
c)
3. 2.5 G
Setelah 2G, lahirlah generasi 2,5 G yang
merupakan versi lebih baik dari generasi kedua. Generasi 2,5 ini mempunyai kemampuan
transfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS
(General Packet Radio Service) dan EDGE
d)
4. 3 G
(2001-2005)
Teknologi generasi ketiga mendukung
kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi, Video Streaming dan Video Conferensi.
e)
5. 4
G(2006-2010)
Teknologi generasi ketiga mendukung
kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi, Video Streaming dan Video
Conferensi.
2.
Interview
Pertanyaan
2) Bukankah
Ponsel dibutuhkan dalam KBM untuk akses internet dan membantu Proses belajar,
misalnya browsing dan mengerjakan tugas-tugas Sekolah ?
3) Lalu
bagaimana dengan kepentingan siswa yang berhubungan dengan keluarga ?
4) Apa
bapak setuju apabila siswa membawa Ponselnya ke Sekolah ?
5) Apakah
contoh kasus atau kejadian akibat siswa menyalahgunakan Ponsel ?
6) Bagaimana
jika ada siswa yang melanggar peraturan, tetap membawa Handphone tanpa
sepengetahuan Guru ?
7) Selain
teman, siapa lagi yang bisa menangani masalah tersebut ?
8) Jika
dalam ponsel siswa ada file-file yang tidak wajar, tindakan apan yang akan
dilakukan pihak sekolah ?
9) Lalu
bagaimana jika siswa lainnya melakukan hal yang sama, tetap membawa handphone ?
10) Jika
para orangtua menugaskan agae siswa bisa tetap membawa handphone, dengan maksud
untuk mempermudah berkomunikasi, apa Guru akan memberikan cara alternative pada
siswa ?
Jawaban
1) Karna
bisa mengganggu proses KBM dan konsentrasi siswa pada waktu jam pembelajaran
berlangsung
2) Betul,
namun karena adanya aturan dari sekolah untuk tidak membawa handphone, maka
siswa harus mentaati peraturan sekolah
3) Untuk
kepentingan keluarga, orangtua dapat menghubungi pihak sekolah tanpa melalui
siswa.
4) Setuju,
dalam artian siswa menggunakan handphonenya kepada hal yang positif seperti
menjelajah di internet untuk menambah pengetahuan, namun, tidak sedikit siswa
menyalahgunakan ponselnya dalm hal Negatif.
5) Salah
satu Contohnya yaitu : siswa menghubungi teman luarnya untuk bolos atau
menyimpan File gambar & Video yang tidak layak dilihat, maka dari itu
dikenakan peraturan untuk tidak membawa Handphone
6) Dalam
hal ini peran teman sangat dibutuhkan, artinya teman yang bersangkutan harus
bisa mengatakan pelaku
7) Cara
yang paling efektif ialah laporan ke wali kelas kemudian ke kesiswaan
8) Yang
pertama yaitu mengambil handphone tersebut dan menyerahkannya kepada Guru yang
ahli di bidang teknologi, agar File-file tersebut di install dan ditiadakan
9) Maka
guru akan memanggil Para orangtua dan berbicara baik-baik kepada orangtua bahwa
di Sekolah telah dikenakan Peraturan untuk tidak membawa handphone
10) Untuk
guru itu, Guru akan memberi toleransi kepada siswa untuk bisa membawa ponselnya
dengan cara disimpan di Ruang guru dan bisa diambil kembali pada waktu KBM
selesai
Realitas
kehidupan siswa pada masa sekarang telah berubah semenjak mengenal handphone.
Handphone telah menyebabkan perkembangan anak terganggu. Dengan canggihnya
fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti kamere, permainan, akan mengganggu
siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang dari mereka disibukkan
dengan menerima atau mengangkat panggilan, pesan singkat dari teman atau
keluarga, apalagi facebookan yang lagi “ngetren” saat ini. Bahkan lebih parah
lagi terjadi kecurangan dalam ujian, saat ujian berlangsung siswa sering
mengandalkan handphone untuk meminta atau mengirimkan jawaban lewat pesan
singkat. Oleh karena itu sering bermunculan kasus siswa yang ketahuan membawa
handphone ketika ujian berlangsung. Bukannya menjadi pintar malah menjadi bodoh
dan malas. Dan juga akan menentukan prestasinya di kelas. Fenomena tersebut
sudah sangat jelas terjadi hampir di seluruh siswa di tanah air. Seolah – olah
sudah menjadi tradisi yang tidak dapat di pisahkan dari fenomena sekarang ini.
Dari segi psikologis juga berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak usia
dini. Keseringan memegang handphone akan menimbulkan ketergantungan yang sangat
kuat, seperti halnya perokok berat yang sulit menghentikan kebiasaannya.
Tiada
hari tanpa handphone, kemanapun dan kapanpun selalu dibutuhkan seakan-akan
sudah menjadi bagian dari hidup. Kadang menghabiskan waktu seharian
mengutak-atik handphone. Kalau tidak ada handphone rasanya dunia terasa hampa
katanya. Padahal itu bukanlah barang yang teramat penting dalam kehidupan
dunia. Apabila siswa masih terus bergantung pada handphone bagaimana masa
depannya kelak. Apa jadinya bangsa Indonesia ini di masa yang akan datang.
Tidak menutup kemungkinan kalau pendidikam bangsa Indonesia menjadi rendah dan
terbelakang.
BAB
III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Perkembangan teknologi handphone ini bisa
dikaitkan dengan beberapa teori yang ada yaitu dimana dari dulu teknologi
komunikasi ini sudah ada (telepon seluler yang masih sangat sederhana) ,
menurut Castell dimana dari kemajuan teknologi manusia seperti sarang laba-laba
yang saling terhubung. Dapat dilihat dari fasilitas BBM, facebook, twitter, dll
yang dapat di akses secara mudah dan efisien di Ponsel Pintar pada jaman
sekaran ini
Dimana perkembangan teknologi di Handphone
ini sangat membantu semua aktivitas manusia dalam memenuhi semua kebutuhannya,
yaitu bersosialisasi dengan orang lain, mengetahui informasi yang sedang update
sekarang ini.
Meskipun perkembangan handphone ini juga
mempunyai banyak dampak negatif seperti yang sudah dirinci secara detail di
atas.
2.
Saran
Teknologi
handphone memang memiliki fitur yang lengkap dan canggih tetapi memiliki banyak
dampak negative bila penggunaannya terus dilakukan bahkan bila teknologi
semakin maju, dampak negativnya semakin besar, selain fungsi handphone sebagai
alat komunikasi, anak-anak dinilai “ikut-ikutan” terhadap tren saja. Banyak hal
yang dapat diperhatikan dari fenomena ini.
Oleh karena
itu sebaiknya kita menggunakan teklnologi Handphone pada usia, waktu dan
kondisi tertentu agar lebih bisa merasakan manfaat dan fungsinya.
DAFTAR PUSTAKA
http://akhrama.wordpress.com/2010/11/24/sejarah-handphone-anda-pertama-kali-sampai-sekarang/
http://diwahyu.blogspot.com/2008/12/perkembangan-handphone.html
http://liacute-liaimut.blogspot.com/2009/01/perkembangan-handphone.html
http://kelompoke.blogdetik.com/2008/10/23/perkembangan-teknologi-telepon-seluler-handphone/
http://diwahyu.blogspot.com/2008/12/perkembangan-handphone.html
http://liacute-liaimut.blogspot.com/2009/01/perkembangan-handphone.html
http://kelompoke.blogdetik.com/2008/10/23/perkembangan-teknologi-telepon-seluler-handphone/
Izin Copy Buat Tugas
ReplyDelete